My Post

Selasa, 19 Maret 2013

Cara Jitu Hadapi Rasa Bosan Saat Belajar


Ketika kita belajar memang salah satu sifat ini kerap menjadi momok yaitu rasa jenuh atau bosan. Jika rasa bosan itu bertahan dalam jangka lama pasti kita tidak akan memiliki pikiran yang fokus dalam menerima pelajaran. Tidaklah heran jika kita akan terlelap tanpa disadari.


Tentu saja hal ini akan mempengaruhi nilai belajar. Rasa bosan itu ada karena rutinitas yang begitu-begitu saja sehingga menjadi kurang menarik bagi kita pada umumnya.

Selain itu rasa bosan itu akan menjalar menjadi rasa malas. Ini mungkin karena keadaan siswa yang kurang fit atau cara pembelajaran yang begitu monoton.

Apakah kalian mau ketinggalan pelajaran sehingga mendapat nilai kurang memuaskan? Tentunya tidak bukan. Untuk itu ada beberapa solusi yang dapat mengusir rasa bosan tersebut seperti:

1. Mendengarkan Musik


Ya, dengan mendengarkan musik yang disukai memang salah satu cara paling ampuh buat menghilangkan rasa bosan. Anda bisa mendengarkan musik dari penyanyi atau band kesukaan dan dijamin dapat mengusir rasa bosan serta stres berlebihan saat belajar.

2. Tidur yang Cukup


Mungkin untuk sebagian orang, tidur adalah hal yang sepele. Tapi, ternyata tidur bisa buat kita lebih santai. Apalagi anda yang punya waktu untuk tidur siang. Cukup tidur sekitar 30 menit untuk membuat otakmu relax.

3. Olahraga

Ternyata olahraga tidak hanya bisa membuat badan sehat, tapi bisa menghilangkan stres juga. Tidak harus olahraga berat seperti nge-gym atau sprint keliling lapangan bola, cukup dengan jogging atau bersepeda udah bisa membuat anda fresh kembali

4. Memiliki pikiran positif

Mencoba memiliki pikiran yang positif memang terkadang disepelakan oleh sebagian orang. Nah, ini juga penting agar stres tidak kembali menghantui anda. Dengan berpikiran positif, dipastikan anda akan tetap enjoy dan relax dalam menjalani hari-hari.

5. Makan Teratur

Makanan jelas berhubungan dengan rasa stres di otak anda. Ketika anda tidak teratur dalam mengatur pola makan, maka saat itu juga otak akan kekurangan nutrisi. Nah, dari situlah akan timbul rasa stres. Makanan bisa memberikan suplay gizi seperti omega 3, anti oksidan, dan nutrisi lain yang dapat meningkatkan kinerja otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar