My Post

Selasa, 19 Maret 2013

Pilih Mana, Kuning Telur atau Putih Telur?



Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kuning telur banyak mengandung kolesterol yang dapat membahayakan jantung. Sedangkan bagian putih dari telur mengandung semua protein yang disebut albumin dan zat ini dapat membuat jantung sehat.

Jika dibandingkan dengan putih telur, penelitian menunjukan bahwa kuning telur cenderung kurang sehat jika dikonsumsi berlebihan. Ada baiknya kita memahami terlebih dahulu penjelasan mengenai kuning telur dan putih telur sebelum penjelasan lebih lanjut mengenai baik buruk nya terhadap kesehatan kita.

Kuning telur adalah satu bagian dari telur yang merupakan makanan dari embrio. Kuning telur adalah salah satu sumber vitamin dan mineral yang baik. Kuning telur juga merupakan sumber dari lemak dan kolesterol telur, dan juga satu-perlima kandungan protein telur. Dengan demikian, kuning telur kaya akan nutrisi penting. Akan tetapi, kuning telur sering dikaitkan pada berbagai masalah kesehatan. Hal ini karena kuning telur mengandung kolesterol.

Sedangkan putih telur adalah cairan putih yang terkandung di dalam sebuah telur. Cairan ini terdapat di dalam telur yang sudah dibuahi dan yang belum dibuahi. Putih telur terdiri dari 10% protein terlarut di air. Kegunaan putih telur adalah untuk melindungi kuning telur dan menyediakan nutrisi tambahan bagi pertumbuhan embrio, karena putih telur kaya akan protein dan rendah lemak, yang merupakan kebalikan dari kuning telur, yang mengandung nilai lemak yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai nutrisi-nutrisi yang terdapat di kuning telur dan putih telur:

Vitamin

Kuning telur mengandung lebih banyak vitamin baik jenis dan jumlahnya dibandingkan dengan putih telur. Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin, antara lain vitamin B6, B-12, A, D, E, K, dan folat. Vitamin A, D, E dan K hanya ditemukan di kuning telur saja, tidak di putih telur.


Mineral

Seperti vitamin, mineral merupakan zat gizi mikro yang krusial dibutuhkan oleh tubuh. Mineral merupakan zat gizi essensial yang digunakan untuk mengelola fungsi tubuh seperti menyeimbangkan elektrolit. Kuning telur serta putih telur memiliki 13 jenis mineral, di antaranya dari kalsium, magnesium, besi, potasium, sodium, dan selenium. Meskipun kedua bagian telur ini sama-sama mengandung mineral, namun kuning telur memiliki kandungan yang lebih banyak untuk setiap mineral. Contohnya, 90 persen dari kalsium yang terdapat di telur berada pada kuning telur; 93 persen kandungan besi pada telur berada di bagian kuningnya, dan hanya 7 persen yang berada di bagian putihnya.


Kesehatan mata

Karotenoid yang ada di kuning telur, khususnya karotenoid lutein dan zeaxanthin, sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Menurut para peneliti, karotenoid ini, yang merupakan pigmen berwarna yang memberi warna kuning pada kuning telur, dapat menurunkan risiko penyakit age-related degeneration dan katarak. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina sehingga dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus. Bagian kuning telur sangat baik untuk mata. Khususnya untuk anak-anak yang sedang tumbuh kembang, kuning telur membantu mata berfungsi dengan baik dan bahkan mempertajam penglihatan.


Manfaat kolin

Kuning telur dengan vitamin, mineral, dan nutrien lain yang ada di dalamnya, juga membantu untuk memperbaiki kesehatan jantung dan kardiovaskuler. Bukan hanya konsumsi telur dalam jumlah moderat yang menunjukkan manfaat bagi jantung, namun juga nutrien pada kuning telur, yaitu kolin, membantu untuk meregulasi fungsi kardiovaskuler.


Selain itu, sebuah studi di University of North Carolina di Chapel Hill menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan dengan kadar kolin yang tinggi memiliki kemungkinan 24 persen lebih kecil untuk mengalami penyakit kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak.

Ini adalah beberapa manfaat dari putih telur dan kuning telur. Silahkan menurut anda mana yang lebih sehat, putih telur atau kuning telur ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar