My Post

Rabu, 13 Maret 2013

Kastorius: SBY Siapkan Gita Wirjawan Capres 2014



Rabu, 13 Maret 2013 | 09:45 WIB

Kastorius: SBY Siapkan Gita Wirjawan Capres 2014KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOMenteri Perdagangan Gita Wirjawan saat meninjau Pasar Percontohan Grabag 
di Kecamatan Grabag, Purworejo, Jawa Tengah, yang baru saja diresmikan, Jumat (11/5/2012).
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga mengungkapkan, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mempersiapkan Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan sebagai calon presiden 2014. Menurutnya, SBY sudah merestui Gita bertarung sebagai capres, tetapi tetap mempertimbangkan tingkat elektabilitas. 
"Gita masuk bursa Ketua Umum Partai Demokrat dan sasaran akhir untuk Gita sebenarnya capres 2014," kata Kastorius, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Rabu (13/3/2013).

Ia mengatakan, nama Gita kini telah masuk sebagai salah satu calon presiden dalam sejumlah survei yang dilakukan berbagai lembaga. Dengan hasil sejumlah survei, menurutnya, SBY yakin memberikan restu kepada Gita. "Seperti yang dilakukan oleh LSI, SMRC, Politicalwave dan survei persepsi dri 100opinion maker yang dilakukan LSI Burhan Muhtadi Desember tahun lalu untuk menjaring Capres 2014 dari sisi kualitas," katanya. 

Mengapa Gita? Kastorius mengatakan, Gita dianggap merepresentasikan figur pemimpin masa depan Indonesia pasca-SBY. Selama dua periode kepemimpinan SBY, ia dianggap salah satu tokoh di balik keberhasilan tim ekonomi SBY.

"Saat ini, sebagai Mendag berani dan berhasil melawan gempuran impor asing lewat kebijakan-kebijakan pro rakyat seperti penerapan HPP garam, pembatasan impor hortukultura dan penerapan sistem HPP Kedelai," kata Kastorius.

Intinya, lanjut dia, narasi besar Indonesia ada di bidang ekonomi. "Untuk mengemban ini, Gita layak karena dia sangat disegani dan sekaligus disenangi stakeholder ekonomi dunia," katanya.
Alasan lain, kata Kastorius, Gita tergolong masih muda dan berasal dari generasi muda yang mewakili pemilih pemul yang akan menjadi mayoritas voters pada Pemilu 2014.
"Sebagai tokoh muda, dibanding dengan tokoh-tokoh lain, Gita relatif terbebas dari beban sejarah kelam masa lalu. Artinya, Gita menjadi sangat layak untuk membawa layar Indonesia semakin berkembang di domestik dan global," kata Kastorius.

Sebagai calon ketua umum, nama Gita memang mulai disebut sejumlah elit Demokrat, di antaranya Wakil Sekretaris Jenderal Ramadhan Pohan. Ia mengaku menyukai Gita Wirjawan. Selain bersih, merakyat, dan tidak aneh-aneh, Gita juga seniman dan sosoknya sangat komunikatif.


Sumber :
Editor :
Inggried Dwi Wedhaswary

Tidak ada komentar:

Posting Komentar